Waduk Cacaban

Waduk Cacaban

Waduk Cacaban

Objek wisata Tegal makin banyak diminati traveler. Jika Anda ingin berwisata, Tegal adalah tempat yang sangat tepat untuk dijelajahi. Yuk kita cari tahu lokasi wisata alam yang sangat keren untuk berlibur bersama sahabat-sahabat maupun keluarga.

Waduk Cacaban Slawi merupakan salah satu destinasi terbaik wisata alam bagi para pengunjung dari dalam maupun luar kabupaten Tegal. Udaranya yang begitu sejuk dan pemandangannya yang sangat asri, menambah betah untuk berlama-lama di waduk ini.

Waduk dan Pulau

Waduk Cacaban Slawi seluas lebih dari 900 hektar ini diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1952, terletak di tiga Kecamatan  yaitu Kedungbanteng, Jatinegara dan Pangkah. Sebelumnya waduk ini bernama Kedung pipisan, Kedung artinya cerukan sungai yang sangat dalam, dan Pipisan itu semacam tempat glituk (wadah meramu obat).

Wisatawan bisa melihat keindahan suasana pemandangan alam di sekitar danau dengan berperahu mengelilingi waduk. Anda dapat sepuas-puasnya menikmati lukisan alam yang terbentang di waduk lengkap dengan pulau-pulau cantiknya. Selain itu banyak juga pengunjung datang di pagi hari untuk memancing ke tengah-tengah pulau dan pulang pada sore harinya dengan menggunakan perahu.

Suasana pagi maupun sore hari adalah saat yang tepat dan sangat romantis untuk menikmati matahari terbit atau matahari tenggelam bersama pasangan kekasih maupun bersama teman-teman, karena lokasi spot nya sangat bagus dan banyak dinanti-nanti oleh para wisatawan untuk mengabadikannya menjadi sebuah foto.

Setahun sekali, digelar upacara ritual dan festival budaya di desa yang berada di lokasi wisata Waduk Cacaban, dengan ragam rangkaian kegiatan berupa ritual upacara adat, sedekah waduk larung kepala kerbau, dan sajian kesenian serta hiburan.

Rute ke Waduk Cacaban

Untuk menuju lokasi wisata Waduk Cacaban di Tegal ini terdapat dua jalur yaitu dari Kota Tegal melalui Kramat-Pangkah-Waduk Cacaban, dan dari kota Slawi melalui Pangkah-Waduk Cacaban.

Dari kota Slawi menuju Waduk Cacaban di Tegal ini hanya membutuhkan waktu setengah jam. Apabila anda datang dari luar kota, maka anda tidak perlu takut tersesat, ketik keywords  Waduk Cacaban di Google Maps, dan nanti akan tertanda lokasi dimana yang akan dicari.

Akan tetapi jika Anda menggunakan moda transoprtasi bis umum, kereta api, atau angkutan umum lainnya, juga bukan menjadi masalah yang besar, karena setelah Anda tiba di terminal bis atau stasiun kereta api, selanjutnya Anda bisa menggunakan ojek atau Gojek/Grab untuk menuju lokasi wisata Waduk Cacaban.

Saran dan Tips

Sebelum berangkat ke Waduk Cacaban di Tegal, jangan lupa persiapkan kamera untuk mengabadikan moment-moment penting bersama sahabat maupun keluarga. Kosongkan terlebih dahulu perut Anda untuk nantinya dapat menikmati sajian kuliner ikan yang lezat di wisata Waduk Cacaban.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para traveler di indonesia dalam mencari keindahan pesona alam yang sangat eksotis dan begitu sensasional, Wisata Waduk Cacaban Slawi merupakan salah satu referensi objek wisata Tegal terbaik di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *